alat peraga papan pintar
A. Standar Kompetensi
Matematika
1.
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
IPS
1.
Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga
Bahasa Indonesia
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota
tubuh dan deklamasi.
B. Kompetensi Dasar
Matematika
1.1 Membilang banyak benda
IPS
1.1
mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat.
Bahasa
Indonesia
2.1 memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana
dan bahasa yang santun
C. INDIKATOR
Matematika
1.1.1
membilang
angka
IPS
1.1.1
menyebutkan
identitas diri sendiri
1.1.2
menyebutkan
identitas keluarga
Bahasa Indonesia
2.1.1 menjelaskan diri sendiri dengan kalimat sederhana
dan bahasa yang santun
D. ALAT DAN BAHAN
1. Alat
a. Gunting
b. Cutter
c. Penggaris
2. Bahan
a. Kardus
bekas
b. Kalender
c. Kertas
lipat
d. Lem
kertas
e. Foto
keluarga
f. Pita
E. PETUNJUK PEMBUATAN :
1. Potong
kardus dengan ukuran 20 cm x 20 cm
2. Kalender
bekas potong sesuai ukuran kardus
3. Tempelkan
potongan kalender pada kardus yang sudah dipotong hingga permukaan kardus
tertutup.
4. Hias
potongan kardus yang sudah dilapisi kertas kalender dengan kertas lipat hingga
membentuk papan media
5. Potong angka-angka bulan pada kalender, kemudian
tempelkan pada papan media
6. Potong
gambar keluarga hingga membentuk puzzle apabila disusun kembali
7. Papan
media yang dilengkapi puzzle sudah dapat digunakan untuk proses pembelajaran
dan disebut sebagai papan pintar
F.
PETUNJUK
PENGGUNAAN :
1. Peserta
didik berpasangan dengan teman sebangku
2. Guru
membacakan petunjuk penggunaan dan memperagakan melalui media papan pintar
3. Perwakilan
setiap kelompok mengambil media papan
pintar
4. Peserta
didik menempelkan puzzle hingga membentuk gambar keluarga
5. Peserta
didik mengerjakan lembar kerja siswa dengan bimbingan guru
Kelompok yang
tercepat dan tepat mendemonstrasikan di depan peserta didik yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar