Minggu, 20 November 2016

alat peraga papan pintar

alat peraga papan pintar





A.  Standar Kompetensi
Matematika
1.      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
IPS
1.      Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
Bahasa Indonesia
2.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.

B.  Kompetensi Dasar
Matematika
1.1  Membilang banyak benda
IPS
1.1  mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat.
Bahasa Indonesia
2.1 memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
C.  INDIKATOR
Matematika
1.1.1        membilang angka
IPS
1.1.1        menyebutkan identitas diri sendiri
1.1.2        menyebutkan identitas keluarga
Bahasa Indonesia
2.1.1 menjelaskan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun

D.  ALAT DAN BAHAN
1.      Alat
a.       Gunting
b.      Cutter
c.       Penggaris

2.      Bahan
a.       Kardus bekas
b.      Kalender
c.       Kertas lipat
d.      Lem kertas
e.       Foto keluarga
f.       Pita

E.  PETUNJUK PEMBUATAN      :
1.      Potong kardus dengan ukuran 20 cm x 20 cm
2.      Kalender bekas potong sesuai ukuran kardus
3.      Tempelkan potongan kalender pada kardus yang sudah dipotong hingga permukaan kardus tertutup.
4.      Hias potongan kardus yang sudah dilapisi kertas kalender dengan kertas lipat hingga membentuk papan media
5.      Potong  angka-angka bulan pada kalender, kemudian tempelkan pada papan media
6.      Potong gambar keluarga hingga membentuk puzzle apabila disusun kembali
7.      Papan media yang dilengkapi puzzle sudah dapat digunakan untuk proses pembelajaran dan disebut sebagai papan pintar



F.   PETUNJUK PENGGUNAAN  :
1.      Peserta didik berpasangan dengan teman sebangku
2.      Guru membacakan petunjuk penggunaan dan memperagakan melalui media papan pintar
3.      Perwakilan setiap kelompok  mengambil media papan pintar
4.      Peserta didik menempelkan puzzle hingga membentuk gambar keluarga
5.      Peserta didik mengerjakan lembar kerja siswa dengan bimbingan guru
Kelompok yang tercepat dan tepat mendemonstrasikan di depan peserta didik yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar